TemplateSimple

mendidik anak masa kini..




Mendidik anak merupakan suatu anugrah. Bagaimana tidak, bukankah didunia ini masih banyak pasangan yang ingin mempunyai anak namun masih belum diberi oleh sang maha kuasa, bayangkan itu adalah keluaga anda pasti tidak adalagi anak yang akan terlantar.
Mendidik anak dewasa ini menjadi perbincangan banyak pihak, masyarakat semakin berpendidikan, alhasil banyak sekali sekarang artikel-artikel dan bacaan mendidik yang semakin memudahkan untuk mendidik anak.
Namun ada beberapa hal yang juga perlu dipikirkan didalam pendidikan anak. Keluarga adalah faktor penting didalam pendidikan anak, sebaik apapun sekolah, sebaik apapun lembaga pendidikan, apabila suasana tidak kondusif, tentunya pendikan anak juga tidak akan berhasil. Sudah banyak kasus sepertinya dimana orang tua yang sibuk dengan pekerjaan mereka sendiri akhirnya anak ahanya diberikan pendidikan diluar keluarga, hasilnya tentu saja tidak akan sesuai dengan harapan yang ada, karena memnag seherusnya keluargalah yang patut untuk mendidik anak sampai anak benar-benar matang dan siap untuk mandiri.
Setiap anak itu unik, jadi pahami mereka lalu didiklah mereka sesui bakat dan minat mereka, hal ini menjadi poin penting karena dengan mengetahui itu kita akan mudah mengarahkan mereka, merekapun akan dengan mudah menerima apa yang telah kita sampaikan. Orang tua yang kurang pengetahuan tentang  pendidik anak biasanya akan selalu marah dan melakukan hal yang tidaklayak dilakukan kepada anak, seperti bentakan, teriakan dan cacian bahkan fisik. Hal ini bila dilakukan berulang malah akan menjatuhkan harga diri ataupun kepatuhan anak.
Menghargai setiap apa yang telah dilakukan anak akan memudahkan kita mengarahkan anak. Bersikap terbuka dan saling menghargai adalah hal yang sangat penting dalam pendidikan. Sebaliknya bila setiap kesalahan anak harus dihukum maka hal itu justru akan menghilangkan daya kreatifitas mereka. Cara yang tepat untuk mendidik anak bila mereka berbuat salah adalah dengan mengajak mereka menilai prilaku mereka termasuk dalam kategori baik ataupun buruk, dengan itu anak akan lebih mudah memahami.
Selan itu contoh nyata sebagai orang tua maupun lingkunagn juga sangat mempengarui perkembangan kepribadian anak.  Anak adalah pencontoh, mereka akan mencontoh semua prilaku orang-orang disekitar kita tanpa terlebih dahulu difikirkan baik buruknya. Jadi jika ingin anak kita menjadi orang yang berbudi baik, maka perlihatkan kepada mereka prilaku yang berbudi baik pula.
selengkapnya klik di sini (sumbernya)

Simple Pustakers

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments